Senin, 03 Desember 2012

Bukan Jaminan Tetapi Keuntungan


Mahasiswa di ambang wisuda, begitulah sebuatn bagi mahasiswa yang mendekati masa-masa wisudanya karena telah menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi, tesis, ataupun disertasi. Raut bahagia, haru, dan bangga nampak ketika sanak saudara ikut mengiringi dan menyaksikan peristiwa besar itu. Beribu harapan dimulai dari masa itu, wisuda menjadi satu langkah kecil untuk mewujudkannya.
Lulus tepat waktu atau bahkan lebih cepat dari biasanya, apakah menjadi jaminan bahwa akan mendapatkan pekerjaan lebih cepat juga?. Begitu biasanya pertanyaan yang muncul setelah gelar sarjana di tangan. Memang berat rasanya jika gelar yang susah payah didapat namun belum menghasilkan apa-apa.
Sanksi sosial yang terdapat di masyarakat seperti menjadi beban. Seringkali terjadi, sarjana dibanding-bandingkan dengan orang yang tidak mengenyam pendidikan dari segi materi yang mereka peroleh. Tetapi memang begitu faktanya, lapangan pekerjaan di negeri ini diperebutkan dengan berbagai cara. Dan terkadang sarjana bukan menjadi jaminan akan memenangkan perebutan itu.
Pilihan yang berat memang, tetapi sebenarnya mau tidak mau mahasiswa memang harus lulus dan membawa pulang gelar sarjananya. Karena memang tujuan awal mahasiswa kuliah adalah untuk memeperoleh gelar itu selain memeperolah ilmu. Bayangkan saja orang tua yang susah payah membiayai kita, bukankah mereka menaruh harapan besar pada kita?.
Hanya dengan informasi gelar sarjana kita tidak akan berakhir sia-sia. Oleh karena itu menjadi seorang yang sadar informasi sangatlah penting. Entah informasi yang terdapat di media massa, web/blog kantor-kantor pemerintahan, perpustakaan dan lainnya. Dengan lulus tepat waktu kita meminimalisir persaingan dan itu berarti menyicil sedikit kemenangan.

Kesempatan yang belum bisa dimiliki oleh mahasiswa yang belum lulus dengan semester yang semakin menua seperti itu, seyogianya dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya dengan mencari pengalaman sebanyak mungkin, bekal itulah yang bisa kita gunakan sebagai point plus untuk menghadapi kerasnya dunia kerja kelak jika waktunya telah tiba.
Lulus  tepat waktu atau bahkan lebih cepat bukan jaminan untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat juga. Tetapi hal itu adalah keuntungan, karena dengan lulus cepat kita bisa meringankan beban orang tua yang membiayai kita, lebih dulu melihat banyak informasi untuk prospek kita yang lebih baik, melihat peluang untuk melanjutkan studi/beasiswa lebih cepat, dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa didapat jika kita lulus tepat waktu atau lebih cepat.


Ditulis oleh Thoriq Tri Prabowo (Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar