Senin, 03 Desember 2012

Jangan Sepelekan Pendidikan Karakter



Dewasa ini banyak sekali pengangguran dimana-mana. Tidak sedikit di antaranya adalah sarjana atau lulusan universitas terkemuka yang mempunyai IPK (Indeks Prestasi Komulatif) tinggi di masa kuliahnya. Ketika tes tertulis pun mereka lolos dengan mudah. Lalu apa sebenarnya yang membuat banyak orang pandai tersebut gagal?
Tidak semua orang memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik terhadap orang lain. Kebanyakan orang bisa melewati tes tertulis dengan mudah, namun terpaksa harus berhenti sampai di tes wawancara. Karena tak menunjukkan karakter yang baik. Ternyata yang dibutuhkan dalam dunia kerja tak cukup hanya keterampilan dan kepandaian saja. Tetapi juga kemampuan berinteraksi sosial.
Bayangkan saja. Seorang yang pandai bisa mengerjakan segalanya dengan cepat, namun mereka susah untuk bekerjasama. Orang yang demikian lebih mirip dengan robot tentunya. Di era persaingan global menjalin kerjasama sangatlah perlu, karena dengan banyak relasi maka akan semakin memudahkan mengembangkan bisnis dan usaha kita.
Memang perlu pengetahuan teori yang bagus dalam mengerjakan sesuatu. Namun materi yang diajarkan di perkuliahan seringkali berbanding terbalik dengan keadaan yang sebenarnya di dunia kerja. Sehingga kerjasama untuk menyelesaikan masalah menjadi sebuah keharusan. dan orang yang tak bisa bekerjasama akan selalu terbebani oleh pekerjaanya sendiri, stress, bahkan barangkali dikucilkan.
Pun begitu ketika menduduki jabatan sebagai pemimpin. Harus mampu mengkondisikan rekan dan bawahannya agar atmosfer kerjanya nyaman. Pemimpin yang baik tentunya tidak nglokro dan tidak otoriter juga. Tetapi bisa berkomunikasi berjejak pendapat dengan yang lain, sehingga akan tercipta suasana yang hangat, dan tentu pekerjaan terselesaikan dengan baik.
Pada akhirnya, pendidikan karakter memang tidak bisa disepelekan begitu saja. Interaksi sosial sangat diperlukan untuk membangun kerjasama, baik terhadap sesama rekan, atasan, atau bawahan. Hal tersebut membuktikan pentingnya pendidikan karakter sejak sedini mungkin. Manusia sebagai mahkluk sosial yang tak akan mampu hidup sendiri, maka dibutuhkan kerjasama antara satu sama lain.


Ditulis oleh Thoriq Tri Prabowo (Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar