Jumat, 08 Maret 2013

Perpustakaan Sekolah Wajib Hukumnya

Oleh: Thoriq Tri Prabowo
Keberhasilan pembelajaran tidak hanya bertumpu dari intelegenitas siswa. Tetapi salah satunya yang berperan adalah sekolah. Yaitu sekolah yang menyediakan segala sarana untuk menunjang terselanggaranya pembelajaran. Sekolah yang mau menyisihkan sebagian dari anggarannya untuk keperluan perbaikan atau pengadaan sarana belajar yang paling vital, yaitu perpustakaan.
Perpustakaan harus menyediakan semua informasi yang dibutuhkan pemustakanya, terutama pemustaka di komunitas perpustakaan itu berdiri. Jika perpustakaan sekolah, maka perpustakaan harus menyediakan informasi yang dibutuhkan seluruh civitas akademikanya, baik siswa, guru, karyawan, maupun wali murid. Jika perpustakaan sudah bisa memenuhi hal tersebut,  perpustakaan akan dirasakan sekali manfaatnya.
Sekolah akan pincang tanpa perpustakaan. Sekolah akan berjalan sendiri dalam mendidik siswanya. Setelah jam pelajaran selesai, siswa pulang dengan ilmu yang ia ingat saja. Sedang perpustakaan sekolah menyediakan sarana belajar sampai setelah jam pelajaran habis, yang membantu siswa mengeksplorasi sendiri materi yang diajarkan di kelas.
Pendidikan yang hanya melaksanakan pembelajaran di kelas saja akan sangat jauh berbeda dengan pendidikan yang mengeksplorasi imajinasi siswanya dengan melihat dunia luar. Bukan dengan bepergian, melainkan cukup dengan membaca buku, dan tentu buku yang terdapat di perpustakaan.
Perpustakaan tidak lagi menjadi atribut pelengkap, melainkan menjadi ujung tombak dari keberhasilan pembelajaran. Perpustakaan yang didukung dengan pengelola dan sistem informasi yang baik akan memenuhi kebutuhan informasi penggunanya dengan tepat dan cepat seperti halnya google. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa untuk mewujudkannya membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Dalam kegiatannya perpustakaan tidak bisa berjalan sendiri, perpustakaan memerlukan dukungan dari sekolah tentunya. Baik dukungan moral dan material, karena bagaimana pun perpustakaan sekolah berada di bawah kebijakan sekolah. Kesadaran dari masing-masing sekolah terhadap pentingnya perpustakaan lah yang akan menentukan tercapainya pembelajaran berbasis perpustakaan.
Perpustakaan sekolah wajib hukumnya dimiliki sekolah untuk menunjang pembelajaran. Tanpa adanya perpustakaan sekolah sekolah akan kewalahan menyampaikan materi karena keterbatasan waktu dan tingkat pemahanan dari siswa yang satu dengan yang lain berbeda. Sekolah pun harus ikut campur dalam urusan ini, karena penyelenggaraan perpustakaan sekolah yang baik tidak akan terlaksana tanpa ada dukungan dari sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar