Jumat, 08 Maret 2013

PDKT dengan Perpustakaan

Oleh: Thoriq Tri Prabowo
Belajar merupakan kewajiban seorang siswa, dari dulu sampai sekarang. Dengan belajar siswa diharapkan bisa menggali dan mengembangkan potensi yang Ia miliki. Banyak hal yang bisa dipelajari, baik dalam bidang akademis maupun non akademis. Tentu saja siswa membutuhkan referensi belajar yang memadai, baik dalam segi fisik maupun segi materi/isi.
Perpustakaan merupakan tempat yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan informasi para penggunanya. Pun begitu, dengan perpustakaan di sekolah-sekolah yang bertujuan sebagai media belajar para siswanya. Perpustakaan menjadi sangat perlu, jika mengingat bahwa tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Bayangkan saja jika di sebuah instansi pendidikan seperti sekolah tak memiliki perpustakaan? Ya, mungkin bisa dikatakan sekolah tersebut buta dan tuli informasi.
Sebagian siswa barangkali memanfaatkan perpustakaan sebagai sarana belajar mereka. Namun sayangnya banyak yang tidak menyadari pentingnya perpustakaan. Mereka menganggap bahwa perpustakaan hanya bangunan atribut pelengkap sekolah. Karena janggal jika sebuah sekolah berdiri tanpa sebuah perpustakaan. Sangat ironis, padahal majunya suatu sekolah ditentukan dengan keberhasilan siswanya dalam mengolah pengetahuan dan informasi.

Mendekatkan siswa dengan perpustakaan adalah kuncinya. Memang sangat susah jika melihat budaya membaca masyarakat Indonesia yang begitu rendah. Namun tidak mustahil jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, demi peningkatan kualitas pendidikan sang siswa. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mendekatkan siswa dengan perpustakaan? Ya, dengan PDKT tentunya.
Proses PDKT dengan perpustakaan sama seperti halnya PDKT dengan lawan jenis. Yaitu harus saling mengenal satu sama lain. Perpustakaan harus lebih terbuka terhadap siswa, barangkali dengan mengadakan kegiatan yang melibatkan partisipasi siswa. Begitu juga siswa sebaiknya juga harus aktif mengikutinya. Dengan begitu di antara keduanya akan semakin akrab dan saling mengenal.
Pada akhirnya mendekatkan siswa dengan perpustakaan menjadi sangat perlu untuk meningkatkan kualitas pendidikan siswa. Semakin dekatnya dengan perpustakaan, siswa akan mencintai ilmu pengetahuan sedikit demi sedikit. Berawal dari seringnya berkunjung, lalu sesekali membaca, dan pada akhirnya menjadi sangat cinta terhadap ilmu pengetahuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar